Ruby on Rails


Banyak yang Asing dengan nama Ruby on Rails dan tidak banyak yang tahu kecuali di lingkungan para programer. Ruby merupakan salah satu bahasa pemrograman juga berbasis object oriented yang diciptakan oleh Yukihiro Matsumoto atau biasa dipanggil Matz pada tahun 2000 dan source code bersifat free atau open source bisa digunakan di Windows, Mac, maupun Linux. Matz berfilosofi "Ruby di buat secara alami, tetapi bukan secara sederhana" .

Pada tahun 1995 Ruby dirilis ke public, Programer-programer handal ikut terlibat didalam pembuatannya, tetapi baru pada tahhun 2006 Ruby mengalami perkembangan pemakai yang lumayan signifikan. Bahkan menurut TIOBE Index memasuki top 10 dalam waktu hanya setengah tahun pada tahun itu.
Di dalam Ruby, semua bagiannya adalah obyek. Setiap informasi dan kode bisa disisipkan dengan property dan action. Pemrograman berorientasi obyek memanggil property dengan nama variabel instan dan action, yang disebut sebagai metode. Pendekatan murni berorientasi obyek terutama terlihat pada demonstrasi sedikit kode yang diberikan pada number.


5.times { print "Saya *suka* Ruby -- Ruby itu keren!" }
 
 
Ruby adalah bahasa pemrograman yang sangat fleksibel, karena bagian-bagian dari Ruby bisa diubah-ubah dengan bebas. Bagian-bagian yang penting di Ruby bisa dihapus maupun didefinisikan ulang. Bagian-bagian yang sudah ada bisa ditambahkan. Ruby mencoba untuk tidak membatasi programmer untuk berkreatifitas. Contoh penambahan operator +

class Numeric
  def plus(x)
    self.+(x)
  end
end

y = 6.plus 8
# y sekarang adalah 14
 

Ruby tidak menggunakan tanda baca dan selalu menggunakan keyword berbahasa Inggris, 
tidak perlu deklarasi variabel. Ruby menggunakan aturan penamaan yang mudah untuk menyatakan scope suatu variabel.

Rails adalah sebuah framework MVC untuk pengembangan aplikasi berbasis web. Rails juga memaki bahasa pemrograman dari ruby. Didalam pengembangan aplikasi memakai rails kita memakai paradigma baru yang dikenal dengan convention cver configuration. Membuat kita harus mengikuti segala hal yang telah menjadi konvensi rails. Misal, penamaan nama tabel databse, rails mengatur jika nama tabel harus kata benda jamak dari nama model yang kita miliki



 

1 comments:

avatar